Rabu, 12 Januari 2011

Jangan Sia-siakan Stamina Anda


1.   Sering lupa sarapan
Jika tubuh tidak diisi kembali setelah kosong semaleman, anda harus bermain-main kejar-kejaran dengan waktu sepanjang hari.
Seharusnya : dua jam setelah bangun tidur, isi perut dengan makanan yang mengandung dua pertiga karbonhidrat dan sepertiga protein untuk menghasilakn energy.

2.   Tidak minum air putih seharian
dehidrasi sekecil apapuun cukup untuk membuat tubuh anda kekeringan.
Seharusnya : rumusan cara minum yang benar adalah jika tidak terlalu aktif, bagi dua berat badan untuk mendapatkan jumlah minimum dalam ons asupan air yang diperlukan tubuh. Jika anda termasuk orang yang aktif, kalikan berat badan anda dengan 67, angka yang diperoleh merupakan jumlah asupan air yang dibutuhkan tubuh anda dalam sehari.

3.   Sering duduk di depan tv atau computer selama berjam-jam
Dalam suatu waktu duduk didepan computer atau tv, keadaan tubuh anda sama seperti saat dengan tidur.
Seharusnya : berdiri dan berjalan-jalan sesekali. Fokuskan mata anda pada sesuatu yang jauh setiap 30 menit sekali untuk mengendurkan syaraf mata yang tegang.

4.   Tidak keluar ruangan seharian
Tanpa penyinaran alami secara periodic, tubuh dan otak akan selalu berada dalam situasi tidur.
Seharusnya : berjalan-jalan selama 10 menit setikdaknya sekali sehari. Atau berjalan disekitar ruangan dengan cahaya listrik yang terang-terangan juga bisa membantu membangkitkan energy anda.

5.   Otot-otot sering menegang
Menurut Allen Elkin, keadaan sama seperti sedang mengendarai mobil dengan satu kaki pada pedal gas, sementara kaki lainnya dipedal rem.
Seharunya : tarik nafas dari hidung. Tekan ibu jari dan telunjuk salah satu tangan pada cuping hidung, taha posisi tanagan sambil menghembuskan napas melalui mulut. Pastikan gelombang relaksi disekujur tubuh anda.

6.   Sering memikirkan hal-hal buruk dimasa lalu
Orang yang suka mememndam kesedihan biasaanya stamina tubuhnya loyo. Sebaliknya, orang yang selalu siap menghadapi masa depan memiliki stamina tubuh yang lebih kuat.
Seharusnya : cara memandang hidup bisa dipelajari, jadi jangan sungkan-sungkan untuk mengarahkan kembali cara pandang hidup anda. Visual bisa membantu anda. Coba bayangkan diri anda sedang besiap menhadapi masa depan dengan ceria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar